Nilai Perusahaan meupakan persepsi investor terhadap perusahaan, yang sering kali dikaitkan dengan harga saham. karena harga saham yang tinggi membuat nilai perusahaan juga tinggi.
Nilai perusahaan lazim diindikasikan dengan price to book value. Price to book value yang tinggi akan membuat pasar percaya atas prospek perusahaan ke depan. Hal itu yang menjadi keinginan para pemilik perusahaan, sebab nilai perusahaan yang tinggi mengindikasikan kemakmuran pemegang saham juga tinggi,(Soliha dan Taswan, 2002). Dalam realitasnya, tidak semua perusahaan menginginkan harga saham tinggi (mahal), karena takut tidak laku dijual atau tidak menarik investor untuk membelinya. Hal ini dibuktikan dengan adanya perusahaan-perusahaan yang go public di BEJ melakukan stock split pemecahan saham) di bursa efek (ICMD, 2006). Oleh karena itu, harga saham harus dibuat seoptimal mungkin agar tetap menarik minat para investor. Karena jika harga terlalu rendah (murah), maka dapat menurunkan nilai perusahaan. sedangkan harga saham yang optimal dapat dicapai melalui serngkaian pengalaman managemen suatu perusahaan dalam menjual sahamnya di bursa efek.
0 komentar:
Posting Komentar